 |
| Bang Tom yang Ganteng |
Selama perjalanan dan penelusuran saya dalam dunia rimba permotoran, bertemulah saya dengan salah satu pengguna motor pulsar 220. Beliau ini dikenal dengan nama si Ganteng Tom, abang Tom ini sejatinya adalah seorang kontraktor pemasangan dan perawatan lift di gedung gedung. Handphone beliau selalu stand by siap ditelepon kapan kupun oleh pelanggannya, sehingga beliau membutuhkan motor roda dua yang mampu berakselerasi secepat mungkin agar tiba pada TKP bahkan sebelum pelanggannya belum sempat menelepon.
 |
| Serigala Biru |
Pada suatu hari, tibalah abang tom di xelon dan menyampaikan dengan lembut dan bertahap keluhan keluhan motor pulsar 220 birunya. Intinya tarikannya tidak segalak dulu. Mas Waluyo dengan sigap dan teliti memeriksa kondisi awal mulai dari pengamatan, perabaan getaran, perabaan gulungan rpm mesin, sampai tes jalan untuk memverifikasi keluhan yang disampaikan. Sekembalinya dari tes jalan, disampaikanlah serigala biru sudah waktunya servis besar, ganti ring seher, dan ganti kampas kopling. Untuk bagian kopling sendiri, kampas koplingnya memakai subtitusi dari yamaha rx-z, plat geseknya dari satria f, kabel koplingnya ninja.
Sebelumnya serigala biru ini juga sudah diporting lubang intake dan exhaustnya agar gas bersih dan gas panas mengalir lebih deras dan lebih cepat. Knalpotnya pun juga sudah mengaplikasi knalpot freeflow, sehingga motor ini rpm atasnya lebih menggigit lebih narik dari kondisi standarnya. Pengerjaan dilakukan dengan serius santai tapi menjunjung tinggi ketelitian tinggi. Tidak lupa juga, mas waluyo juga membongkar jebakan lumpur oli sentrifugal yang ada disebelah rumah kopling untuk membersihkan gram gram halus di dinding dindingnya, dan membongkar pompa oli juga untuk membersihkan oil strainer yang berada dibalik pompa oli. Tidak lupa men-top kan ulang tma kruk as dengan tma counter balance supaya motor tidak bergetar parah mesinnya.
 |
| ring seher ganti baru |
Di bagian blok mesin kebawah, dilakukan pembersihan seher, penggantian ring seher, lidah keteng depan belakang (hitam putih) dan rantai keteng. Rantai ketengya itu bisa subtitusi dengan rantai keteng honda gl 100 98 mata.
 |
intake sudah diporting
|
 |
kubah kinclong dan di-skir
|
 |
klep kinclong
|
Untuk head sendiri dilakukan pembersihan detail dan maksimal di setiap sudut mulai dari intake, kubah, sampai exhaust. Klep di-skir untuk mengembalikan kepadatan kompresi. Tidak lupa sil klep dan gasket topset sampai koin sil untuk ngintip top kem juga diganti baru.
Hasilnya sungguh luar biasa, menurut abang tom motornya sekarang digas dikit langsung kencang tanpa loading. Transfer tenaganya begitu pedal kopling dilepas langsung menarik badan disetiap perpindahan giginya. Sayang potensi maksimum power belum dapat dikeluarkan semua karena terkendala di karburatornya yang masih standar imbuh mas Waluyo. Tapi walaubagaimanapun juga abang tom kembali dengan muka berseri berseri sehabis tes jalan motornya setelah baru saja nyala. Kabar terakhir sedang disiapkan persiapannya untuk penggantian karbu dengan pe28.
 |
| pe28 |
0 comments :
Post a Comment